Hari Ini

CARA MEMBUAT DATABASE BAGI PEMULA

Update Jumat, 21 Juni 2013 at 10.00. Dalam topik Blogging,Komputer

CARA MEMBUAT DATABASE

Bagi pemula tentu harus mengetahui cara membuat database dengan langkah yang mudah dilakukan dan dengan proses yang mudah dimengerti. Tapi sebelum kita mengetahui cara membuat database maka kita harus mengetahui pengertian database dan komponen database serta perangkat yang digunakan dalam database. Database atau bisa disebut juga system basis data digunakan pada programmer atau administrator atau pebisnis, ini disebabkan karena basis data mengacu pada proses pembuatan data yang mewakili informasi tentang pembuatan manajemen sebuat data kantor atau perusahaan atau system kerja selain itu juga bisa membuat beberapa diagram untuk menentukan sistem kinerja yang dibutuhkan. Untuk manajemen sebuah perusahaan database yang digunakan adalah sistem manajemen basis data atau DBMS, dan cara mengorganisasi sebuah skema pada basis data ada banyak modelnya seperti model basis data, model rasional, model hirarki, dan model jaringan. Untuk saat ini yang umum digunakan adalah model rasional karena di dalam modul rasional memiliki layanan untuk mewakili informasi dalam bentuk tabel agar saling berhubungan, dan setiap tabel terdiri dari beberapa baris dan kolom.

Komponen yang terdapat dalam basis data adalah Hardware yang merupakan perangkat keras computer, lalu operating system yaitu perangkat lunak yang berfungsi mengendalikan semua sumber daya, selanjutnya Database yaitu basis data untuk di kelola, DBMS atau database Management system yang digunakan mengelola basis data, User atau pengguna basis data yang berarti setiap orang berinteraksi menggunakan sistem basis data dari mulai merancang sampai tingkat akhir, Operational software yang berfungsi sebagai pelengkap dan ini bersifat operasional.

Cara membuat database pertama adalah pilih control panel lalu cari dan pilih Mysql Database.
Selanjutnya pilih create new database, jika tidak maka isilah kolom yang telah disediakan. Kolom database name yaitu nama database, kolom user berisi nama yang diinginkan, lalu kolom password dan repeat password merupakan kata sandi, isilah kata sandi yang mudah di ingat dan setelah itu selesai lah database yang kita buat. Hosting bisa memilih berbayar dan gratis.

Seperti itulah cara membuat database untuk pemula yang mudah dilakukan dan untuk pemula sebaiknya menggunakan hosting gratis agar bisa digunakan belajar dahulu hingga bisa mengerti sampai tingkat akhir.

Tulis Komentar Kamu dibawah, pilih Name/URL atau pilih Anonymous.

1 Komentar untuk "CARA MEMBUAT DATABASE BAGI PEMULA"
lela triana mengatakan...

kok cuma segitu penjelasannya. kurang lengkap
My blog

9 Desember 2017 pukul 13.17

Posting Komentar