Hari Ini

TIPS MENJAGA DAYA TAHAN TUBUH

Update Kamis, 17 Oktober 2013 at 04.59. Dalam topik Kesehatan,Tips Sehari-Hari

Menjaga daya tahan tubuh merupakan hal penting yang dilakukan untuk terhindar dari radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit, kali ini akan dibahas mengenai tips menjaga daya tehan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit dan tetap sehat tentunya, yuk disimak.

Lima hal pokok yang wajib dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, antara lain:

1.  Memberikan suplai gizi yang cukup bagi tubuh

Tubuh sangat membutuhkan makanan yang bergizi. Biasakan makan makanan yang seimbang yaitu empat sehat lima sempurna. Konsumsi buah dan sayur hukumnya wajib bagi para wanita apalagi menginjak masa menopause. Hindari makanan yang mengandung banyak lemak.  Selain itu memenuhi kebutuhan air dalam tubuh dengan minum air putih minimal 8 gelas per hari. Ada banyak kegunaan air bagi tubuh. Bila memang diperlukan, wanita juga perlu melakukan terapi air setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Minum 2 gelas setiap bangun tidur di pagi hari bisa membersihkan organ-organ tubuh. Minum segelas air sebelum tidur dapat mencegah stroke dan serangan jantung.  Minum segelah air sebelum mandi dapat menurunkan tekanan darah. Minum segelas air sebelum makan dapat membantu fungsi seluruh pencernaan dan ginjal.

2.  Jangan memforsir tubuh dan beri waktu untuk beristirahat

Tidur merupakan pilihan yang paling baik dalam mengatasi kelelahan dan kondisi tubuh yang tidak sehat. Tidur dapat mengembalikan kebugaran.  Tidur yang baik minimal 8 jam tiap harinya. Usahakan tidur dengan dengan keadaan nyaman dan pulas sehingga saat terbangun tubuh sudah kembali bugar.

3.  Rutin berolah raga untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Olah raga ringan yang dapat dilakukan wanita setiap hari adalah dengan berjalan kaki. Olahraga ini paling ringan dan murah namun juga menyehatkan. Bisa juga dengan mengikuti fitnes di gym atau memilih olahraga pilates yang populer akhir-akhir ini. Gerakan dalam olahraga pilates ini adalah gerakan yang membantu meregangkan otot-otot untuk menciptakan bentuk tubuh tanpa beraktivitas terlalu keras. Apapun olahraga yang dipilih, itu semua bergantung dari kesukaan agar tidak malas dan sebaiknya tidak terlalu keras yang ujung-ujungnya bukan sehat malah sakit.

4.  Konsumsi vitamin jika diperlukan

Sesekali perlu mengkonsumsi vitamin untuk mensuplai kebutuhan vitamin bagi tubuh. Vitamin itu sendiri sangat penting untuk menjaga stamina tubuh agar tetap fit.

5.  Tidak merokok dan menghindari alkohol

Rokok dan alkohol memang kurang bersahabat bagi tubuh. Banyak bahan kimia dalam rokok yang membahayakan kesehatan. Pada wanita yang suka merokok biasanya kulit akan terlihat kusam, kendur dan tidak elastis. Rokok juga dapat memperlambat penyimpanan lemak dan meningkatkan pengeluaran energi sehingga berat badan akan turun. Tapi ini bukan cara yang baik untuk menurunkan berat badan karena wanita yang berhenti merokok bukan berarti akan menambah berat badan melainkan memiliki berat badan yang normal. Menjaga kesehatan tubuh wanita dengan tidak merokok dan mengkonsumsi alkohol adalah tindakan yang sangat bijak.

Demikian artikel mengenai tips menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat terus dan bisa fit terus dalam menjalankan aktifitas sehari hari, terimakasih atas kunjungannya ya, simak terus tips dari kami ya.

Tulis Komentar Kamu dibawah, pilih Name/URL atau pilih Anonymous.

0 Komentar untuk "TIPS MENJAGA DAYA TAHAN TUBUH"

Posting Komentar