Hari Ini

CARA MEMBUAT KAOS SABLON DIGITAL DAN MANUAL

Update Senin, 17 Juni 2013 at 08.58. Dalam topik Teknologi

CARA MEMBUAT KAOS SABLON DIGITAL DAN MANUAL

Mungkin bagi para pemula cara membuat kaos terlihat sangat sulit karena untuk membuat kaos harus dibutuhkan seseorang yang ahli untuk mengajarkan secara jelas agar dapat dimengerti dan memang harus di praktek kan langsung agar kaos yang di buat bisa kita ketahui apakah pengerjaan nya sudah benar atau salah. Tapi sebelum itu semua di lakukan lebih baik mengetahui teori agar kita pun dapat gambaran tentang pembuatan kaos.

Cara membuat kaos bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan sablon digital dan sablon manual. Untuk pemula lebih baik mempelajari cara membuat kaos sablon dengan digital printing. Sablon digital dan manual memerlukan computer untuk mensetting gambar pada kaos.

Digital printing memerlukan peralatan printer yang telah dimodifikasi, tinta sublime, mesin press panas, inkjet paper. Dan tahapan sablon pada digital printing adalah

  • Memilih gambar yang ingin disablon dan didesain hingga menarik.
  • Gambar dibalik atau mirroring
  • Untuk kaos yang berwarna terang cetak pada inject paper sedangkan kaos yang berwarna gelap gunakan transfer paper.
  • Hasil cetakan diletakkan di atas kaos, dan press menggunakan mesin press selam setengah menit hingga satu menit. itu semua tergantung pada mesin press
  • Terakhir angkatlah inkjet paper 

Sedangkan untuk sablon manual peralatan yang diperlukan adalah meja afdruk, rakel, printer laser, screen, alat penyemprot air, tinta pewarna, obat afdruk. Lem kaos, hair dryer, pasta sablon.

Langkah untuk menyablon kaos manual adalah Proses pengafdrukkan. Proses ini dilakukan sebelum pencetakkan dan tujuannya agar dapat menciptakan bentuk sesuai keinginan diatas screen atau kain sarung. Proses afdruk adalah syarat untuk menghasilkan cetakan sablon yang berkualitas.memang terlihat mudah namun sebenarnya proses ini sebenarnya banyak mengalami kegagalan dan kegagalan tersebut terletak pada penyinaran dan penyinaran ini haruslah dilakukan dengan benar dan tepat.
Untuk proses yang cukup bisa dilakukan dengan cara membersihkan screen yang digunakan, bersihkan debu dengan menggunakan sabun colek dan gunakan kain perca dan setelah itu keringkan dengan matahari langsung. Oleskan obat afdruk secukupnya pada bagian depan dan belakang dan ratakan dengan menggunakan ratel. Langkah terakhir adalah menyiapkan film sablon dan rekatkan dengan menggunakan screen pada posisi yang diinginkan.

Itulah pembahasan tentang cara membuat kaos dengan digital dan manual serta dengan cara yang lebih mudah. Teori ini untuk membekali agar ketika praktek maka dapat menegrti sebelum salah pada proses pengerjaan membuat kaos.

Tulis Komentar Kamu dibawah, pilih Name/URL atau pilih Anonymous.

0 Komentar untuk "CARA MEMBUAT KAOS SABLON DIGITAL DAN MANUAL"

Posting Komentar