Hari Ini

CARA MEMBUAT KERIPIK SINGKONG

Update Jumat, 09 Agustus 2013 at 18.39. Dalam topik Masakan,Resep

Cara membuat keripik singkong?cemilan yang sangat enak ini enak dihidangkan pada waktu santai dan nonoton tv bersama keluarga, ada juga singkong yang sudah diproduksi secara massal oleh pabrik, tetapi apakah Anda tau cara membuatnya?berikut admin akan membahas Cara membuat keripik singkong sendiri dirumah.

Baiklah langsung saja kita mulai tentang Cara membuat keripik singkong

Pertama kali yang perlu di perhatikan dalam Cara membuat keripik singkong adalah dengan pemilihan bahan baku singkong dengan tepat , karena pemilihan bahan baku yang salah akan mengakibatkan keripik singkong kurang berhasil atau rasanya tidak sesuai dengan yang kita harapkan misalnya kurang renyah atau bias juga agak keras pas mau di makan nah , untuk mencegah hal ini terjadi maka di buthkan bahan baku singkong yang berasal dari dataran tinggi di sana kualitas singkong dengan kadar gelatin yang cukup rendah bias kita dapatkan lain halnya dengan singkong yang ada di dataran rendah yang sangat tinggi kadar gelatinnya hinggga apabila di buat keripik singkong agak seperti beling ketika di makan itu tadi tentang pemilihan bahan baku , mari kita lanjutkan dengan Cara membuat keripik singkong dan proses proses tahapannya

Cara membuat keripik singkong

ada beberapa langah yang harus diperhatikan dalam Pembuatan keripik singkong ini. Diantaranya sebagai berikut;

Langkah pertama dalam Cara membuat keripik singkong

Dalam langkah awal pembuatan kripik singkong di awali dari memanen singong yang sudah berumur (-+) 3 bulan. Pilihlah singkong yang tidak terlalu tua, karena biasanya singkong yang tua itu cenderung lebih keras di bandingkan singkong yang muda.

Langkah 2 dalam Cara membuat keripik singkong

Singkong yang sudah di panen lalu bersihkan  dari kulit arinya, bersihkan hingga tidak ada lagi kulit ari yang tersisa kemudian di cuci hingga bersih. Jika sudah di cuci dengan bersih, singkong tadi di iris-iris. Pengirisan bisa dilakukang dengan dua cara yaitu vertikal dan horizontal, menurut selera dan nilai jualnya. Irisan tidak boleh terlal tipis atau tebal.

Langkah 3 dalam Cara membuat keripik singkong.

Setelah singkong selesai di bersihkan dan di iris, kemudian masuk ke tahap penggorengan. Di saat menggoreng singkong harus terus di lakukan pengecekan agar tidak lengket satu sama yang lainnya.dan pastikan minyak untuk menggoreng singkong dalam keadaan cukup panas

Langkah 4 dalam Cara membuat keripik singkong

Singkong yang sudah di goreng tadi kemudian di tiriskan agar tidak ada lagi minyak yang terbawa dari hasil penggorengan. Setelah dingin keripik singkong yang sudah setengah jadi di bumbui sesuai selera menurut pesanan, lalu didiamkan sebentar agar bumbu meresap merata.

Langkah 5 dalam Cara membuat keripik singkong

Setelah di rasa cukup keripik singkongpun siap masuk ke tahap berikutnya yaitu proses penimbangan dan pengemasa. Dalam proses ini tidak boleh sembarangan mengemasnya harus dilakukan dengan teliti agar kemasan tertutup dengan benar.

Langkah 6 dalam Cara membuat keripik singkong

Kripik singkong pun siap jual. Ada banyak varian rasa yang bisa di buat menurut pesanan. Rasa yang ditawarkan biasanya ; Original,Balado, Sapi Panggang, Jagung Bakar dan juga rasa Pedas Manis.

Demikian artikel mengenai Cara membuat keripik singkong, semoga artikel tersebut berguna bagi Anda semua yang ingin membuat sendiri dirumah, terimakasih atas kunjungannya ya.

Tulis Komentar Kamu dibawah, pilih Name/URL atau pilih Anonymous.

0 Komentar untuk "CARA MEMBUAT KERIPIK SINGKONG"

Posting Komentar