Hari Ini

CARA MEMBUAT DONAT KENTANG

Update Minggu, 01 September 2013 at 05.57. Dalam topik Masakan,Resep


Sebelum admin menerangkan Cara membuat Donat Kentang simak dulu yuk sejarah donat. Donat merupakan makanan penutup yang populer di banyak negara dan disajikan dalam berbagai bentuk. Dua jenis donat yang paling umum adalah donat cincin dan donat isi.
Daerah asli donat berasal tidak begitu jelas. Ada yang meyakini bahwa donat berasal dari Amerika Utara oleh pendatang yang berasal dari Belanda. Pada abad ke-19, donat yang kadang-kadang disebut sebagai salah satu jenis oliekoek (kue minyak), kue manis digoreng dengan lemak.

Hanson Gregory, seorang Amerika, mengklaim telah menemukan donat berbentuk cincin pada tahun 1847. Gregory puas dengan greasiness donat dipelintir menjadi berbagai bentuk dan dengan pusat baku donat biasa. Dia mengaku telah membuat donat dengan lubang berbentuk kotak dan kemudian mengajarkan teknik tersebut kepada ibunya.

Menurut antropolog Paul R. Mullins, buku resep pertama tahun 1803 menyebutkan donat adalah makanan dari Amerika. Pada pertengahan abad ke-19, makanan pada resep tersebut tampak dan terasa seperti donat hari ini, dan dipandang sebagai makanan yang berasal dari Amerika.

Daripada bingung mengenai sejarah yang tidak begitu jelas mari kita langsung saja membahas tentang cara membuat donat kentang yang empuk dan tentu saja enak rasanya.
Resep cara membuat kue Donat kentang empuk. Siapa sih yang belum tahu yang namanya kue Donat? yup semua orang pasti sudah tahu dengan kue ini. Kue yang empuk, manis dan tentunya sangat sederhana, hampir sama seperti Rainbow Cake. Selain itu, cara membuat Donat itu sangat mudah dan saya yakin anda-anda yang dirumah pasti bisa membuatnya. Bahan untuk membuat kue donat juga tidak sulit untuk didapatkan, bahkan di toko-toko terdekat dari rumah anda mungkin tersedia, jadi tidak perlu jauh-jauh kepasar.

Cara Membuat Kue Donat Kentang Empuk
Cara membuat kue Donat kentang empuk ini bisa langsung anda coba dirumah. Tapi sebelum anda mencobanya, silahkan siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue donat jenis ini. Nah kenapa saya bilang kue donat jenis ini? karena memang kue donat banyak jenisnya. Ada kue donat kentang, kue donat ubi, kue donat singkong dan mungkin masih ada jenis lainnya. Namun yang paling top, paling sederhana dan paling populer adalah kue donat kentang.

Berikut ini bahan-bahan untuk membuat kue Donat Kentang :
500 gram tepung terigu protein tinggi
50 gram susu bubuk fullcream
1 bungkus atau 11 gram ragi instant
250 gram kentang di kukus, haluskan lalu di dinginkan
100 gram gula halus
100 gram mentega
Setengah sdt garam
4 butir kuning telur
100 ml air dingin
Pelengkap:
Gula donat (gula bubuk khusus untuk donat)
cokelat leleh
Cara Membuat Kue Donat Kentang Empuk :

Campurkan bahan-bahan yang sudah disiapkan tadi yaitu tepung terigu, gula, susu bubuk, dan ragi instant dalam satu wadah lalu di aduk hingga merata
Masukkan kentang yang sudah dihaluskan tadi dengan bahan-bahan yang sudah di campurkan dan diratakan dalam 1 wadah
Masukkan kuning telur yang sudah di siapkan dengan air dingin, uleni hingga merata dan setengah kalis.
Tambahkan mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Diamkan selama 20 menit.
Buatlah adonan menjadi 12 buah donat yang dibentuk bulat-bulat dan diberi lubang pada tengah nya lalu diamkan adonan selama 20 menit, tunggu sampai adonan terlihat mengembang
Masukkan minyak lalu panaskan (masukan minyak sekiranya bisa membuat donat terendam) Goreng donat yang sudah dilubangi tadi dengan api sedang sampai kuning keemasan.
Jika Sudah kekuning-kuningan Angkat, kemudian tiriskan.
Taburkan gula donat, atau hias dengan coklat sebagai pemanis.
untuk 12 potong.

Nah oke itu adalah Cara membuat Donat Kentang ,cara yang sangat mudah kan sahabat , semoga article ini bisa membantu anda yang sedang mencari resep makanan dari kentang , dan mau di jadikan apaan supaya kentang itu enak , cukup sekian dan jangan lupa terus kunjungi blog ini , untuk mendapatkan tips dan cara cara yang bermanfaat buat anda .

Tulis Komentar Kamu dibawah, pilih Name/URL atau pilih Anonymous.

1 Komentar untuk "CARA MEMBUAT DONAT KENTANG"
Unknown mengatakan...

bagus banget artikelnya mantap ?? nitip lapak bos jual mini juicer murah Cara Bikin jus ga pakai ribet

9 Januari 2014 pukul 03.13

Posting Komentar